Piston Dengan Vertical Gas Port
Jika sebelumnya kita telah mengetahui banyak teknologi tentang piston di
antaranya piston dengan teknologi forged, Teflon, Offside, Hi
dome...dimana telah kita telah banyak mengetahui keunggulan dari
masing-masing teknologi tersebut.....karna sering kali di bahas pada
media-media otomotif tanah air....namun ternyata masi banyak
teknologi-teknologi di luar sana yang belum kita ketahui seputar
teknologi piston.....mungkin karna kita terlalu fokus berkutat dengan
piston-piston kendaraan motor saja, Sehingga lupa untuk mengexplor
pengetahuan tentang teknologi lain seputar piston..... maklum lah negara
kita sering disebut juga sebagai negrinya motor jadi kita terlalu fokus
hanya di motor saja.
Teknologi piston yang akan I B L J
ulas kali ini datang dari piston kendaraan roda 4 tepatnya adalah
mobil....piston ini terbilang unik dan secara logika sangat
menguntungkan untuk menjaga performa mesin untuk tetap setabil...umumnya
banyak di gunakan pada kendaraan sport endurance seperti pada balapan
mobil nascar di usa...namun tidak jarang juga di temukan pada
kendaraan-kendaraan umum lainya..... seperti apa bentuknya perhatikan
lingkaran-lingkaran kuning kecil pada gambar piston di bawah ini
Piston dengan vertical gas port |
ko ada lubang-lubang ya ?..... apa ga takut kompresinya
bocor...?...Hehehe itu dia kelebihanya kawan.....Lubang-lubang kecil
tersebut berfungsi untuk mentransfer tekanan kompresi menuju bagian
belakang ring dan mendesak ring ke dinding linier atau boringan
sehingga meminimalisasi terjadinya kebocoran kompresi pada bagian celah
antara ring piston dan linier..... seperti gambar berikut
Perbedaan gas port |
Contoh gambar sebelah kiri adalah contoh piston yang menggunakan Radial
Gas Port yang terletak pada bagian sisi samping melalui perantara
lubang kecil yang seperti pada umumnya kita temukan pada piston-piston
kendaraan bermotor (lihat gambar diatas radial gas port side
view).....di mana kompresi agak sulit untuk mencapai bagian belakang
ring piston sehingga kurang maksimal untuk menekan ring piston ke
dinding linier/boring ....Seperti pada contoh gambar di bawah ini
Radial Gas port |
Namun jika menggunakan Vertical gas port tekanan kompresi langsung
menuju pada bagian belakang ring piston dan menekannya pada diding
boring...Hal tersebut dapat memaksimalkan kinerja dari ring piston baik
yang masih baru ataupun yang sudah haus tsekalipun....karna kinerjanya
terjadi secara otomotasi setiap
kali terjadi kompresi.... hanya
saja jika menggunakan bensin premium yang mengandung timbal akan terasa
sia-sia karna sisa pembakaranya akan meninggalkan keraknya dan akan
menutup lubang-lubang gas port tersebut, Jadi di sarankan pada
penggunaanya menggunakan bensin tanpa timbal
0 komentar:
Posting Komentar