Rabu, 23 Januari 2013


Spare part motor standar yang sering di gunakan pada mesin motor balap

Hari gini Bikin motor kenceng mahal-mahal kayanya sia-sia.....uda habis banyak beli barang-barang racing sama aja jebol-jebol juga....untuk itu jaman sekarang para mekanik di tuntut untuk putar otak mencari barang-barang murah kusuhnya part standar namun ga murahan yang cocok untuk bikin motor kenceng namun sesuai trend usiapakainya..... tentunya hal ini bertujuan untuk tidak menghambur-hamburkan uang untuk beli barang-barang racing yang muahal......tapi untuk beli part standart tanpa tau fungsi rubahan untuk aplikasi di motor apa itu pun juga sia-sia...masa coba-coba.....buat motor ko coba-cobba.....ups iklan banget...untungnya grup facebook IBLJ anggotanya sangat buanyak sekitar 10.000 lebih....dan anggotanya sebagian besar para mekanik dan paham tentang mesin yang mau berbagi tips seputar part standar.....dari pengalaman yang berbeda-beda dalam mengapliksikan part motor standar untuk di aplikasi di motor balap...ternyata banyak sekali tips yang berfariasi dalam argumennya.....tentunya semua yang di  sampaikan berdasarkan jam terbang mereka masing-masing dan telah mereka mempraktekannya so buat apa kita mengulangnya lagi.....itulah gunanya berbagi.....yu langsung aja kita bahas....





STANG PISTON


Stang piston Ninja
Selain kuat  Pen big end kecil memungkinkan untuk struk up baik pakingan atau nol paking

Stang Piston astra 800
Pas Buat big end jupiter Memungkinkan untuk stroke up nol paking

Stang piston satria 2 tak
Bisa untuk struk up jupiter dan grand karna pen bigendnya kecil jadi stroke upnya bisa lumayan tinggi

Stang Grand
Bisa di aplikasikan di motor Legenda bisa naik stroke hingga 4mm

Stang Piston Scorpio
Bisa untuk satria Fu selain tebal ukuran bigend nya sama

KLEEP

kleep Sonic
Selain kuat Diameter payung klep lebar

Kleep tiger
Selain kuat ukuranya pas bila bore up menggunakan Piston Tiger



PISTON/SEHER

Piston Tiger
Kuat,murah meriah,diameternya yg 63,5 mm bisa menaikan cc dan tenaga secara drastis

Piston kaze
Selain kuat,murah piston ini cocok untuk Kohar karna diameternya tidak terlalu ekstrem 53mm-55mm

Piston GL 200
Sangat favorit di kelas mio 58nan karna murah,kuat,mudah di dapatkan

Piston Scorpio
Diameternya besar,kuat cock untuk bore up ekstrem

Piston CBR 150
umumnya di gunakan untuk bore up karna Bentuk nya yang ceper / pendek terutama bagian kepalanya (dari bibir pen piston sampai kepala piston) biasanya di gunakaan untuk naik stroke nol paking di gunakan pada mototr matik dan bebek


KOIL

Koil supra
Walau setandar,murah,meriah apinya tergolong stabil dan juga awet

Koil Tiger
Sering di gunakan pada yamah Vixion konon apinya stabil dan cocok untuk motor Kohar

PER KLEEP

Per klep smash dan Shoguun
Cocok untuk Kohar

Per klep Sonic
Selain keras,kuat sudah terbukti di ajang road race


KAMPAS KOPLING

kampas Kopling Suzuki TS
Lebih Mantap untuk satria Fu


ROKER AREM ROLLER

Roker arem Blade
Cocok untuk yang melakukan Rubahan Roker arem convensionalmenjadi roller


CDI

CDI Shogun kebo / 110
karna masi  analog dan Limiternya hampr tidak ada  CDI ini sangat mumpuni hampir di semua type motor

CDI Grand
Murah,awet,mudah mencarinya limiternya lumayan tinggi

CDI fino thailand
Sudah terbukti cocok untuk motor-motor drag

 

GIGI RASIO

Rasio GL 100 bisa di aplikasi untuk motor jupiter

TABUNG SKEP

Skep tornado
Untuk reamer carburator motor bebek standar bisa sampai ukuran 24-26

Skep jupiter MX
untuk reame Carbu karisma


RANTAI  

Rantai bajaj 125 ukuran rantainya sangat kecil tujuannya agar akselerasi makin ringan....bisa di aplikasikan untuk semua motor selain matik...tapi tebal gir harus di sesuaikan dengan ukuran rantai dengan cara menipiskan gir depan dan belakang dengan cara di bubut

MEMBRAN 

Membran RXZ
biasanya di gunakan untuk F1ZR dan Satria 2tak

BUSI

Busi Karisma
Bentuknya yang panjang memungkinkan untuk di gunanakan merubah bentuk head dan bagus untuk menahan compresi gede

PENGAPIAN

Pengapian Vega Lama 
Terbukti ampuh untuk di aplikasi ke yamaha vega generasi berikutnya/jupiter



Data ini di dapat dari anggota di grup facebook IBLJ dan  Halaman ini akan terus di up date guna melengkapi bermacam-macam tip,s seputar part standar yang sering di gunakan pada motor balap......guna mempermudah teman-teman yang membutuhkanya

semoga bermanfaat

TERIMA KASIH


1 komentar:

  1. mau nanya gan...motor mio tanpa bore up ..saya sudah ganti
    -per cvt tdr 1500rpm
    -roller tdr 9gr
    -vbelt
    -kanvas ganda +mangkok kawahara + per yang 3
    -cdi brt dualband powermax
    kalau pas mau tancap gas agak lemah,kalau jalan pelan ngos2san,,apalagi kalau jalan pelan mau belok bikin berisik suara knalpot..
    pa da yang salah,,,thx..

    BalasHapus