Cara membuat klep mesin 4 tak
Sebagai
pengguna aktif part ini (klep) khususnya para pecinta midifikasi
mesin....ada baiknya kita mengetahui seluk beluk dari benda yang satu
ini....karna dengan mengetahui spesifikasi dan pembuatan benda ini
tentunya akan merubah prilaku kita terhadap benda tersebut...maklum saja
benda yang satu ini sangat umum di gunakan dalam memodifikasi mesin
bahkan wajib.....sejauh ini sangt jarang orang yang mengetahui cara
pembuatan benda yang satu ini...karna kita harus akui kalo negara kita
adalah negara konsumtif(pemakai)....jadi kebanyakan orang hanya
menebak-nebak saja cara pebuatanya...mudah-mudahan dengan ulasan ini
teman-teman I B L J dapat merubah pandangan tersebut......
Hal
Pertama dilakukan, siapkan bahan Stasinless atau bahan kuat lainya
seperti titanium dengan diameter lebih besar dari payung klep yang kita
ingin buat....begitu juga dengan panjangnya sesuai dengan panjang yang
kita ingin kan ....dan berikutnya buat batang klepnya terlebih
dahulu...... selanjutnya buat dudukan...(seperti contoh Gambar di
bawah)...
Kemudian Diameter batang klep di teruskan sesuai dengan panjang yang kita tentukan..
Kemudian membentuk sudut payung klep.... drajatnya bisa teman tentukan
sendiri sesuai dengan kemauan yang biasa anda lakukan pada saat back cut
valve atau klep yang ada pada pasaran...yang umumnya 45
derajat...(contoh gambar di bawah)
Langkah berikutnya menghaluskan radius antara batang klep dan daun
klep...hal ini mudah bagi yang sering melakukan modifikasi klep /back
cut valve bagi yang belum bisa....coba pelan-pelan aja sambil
belajar....
Berikut adalah hasil sementara dari keseluruhan klep yang belum jadi.....(gambar di atas)
Memang
terlihat seperti mubazir pada cara pembuatan klep ini...lihat saja
banyak sekali material yang terbuang...namun semua ini demi keakurasian
dan durability klep tersebut....mungkin hal ini adalah langkah dasar
dari pembuatan klep karna masi adalah lagi langkah-langkah selanjutnya
guna menunjang keakurasian dan durability benda tersebut seperti
hardening dan dialing...namun sekiranya dapat membuka wawasan kita
bersama
dan contoh gambar di atas adalah hanya sebuah eksperimen pembuktian
bahwa pembuatan klep tersebut dapat juga di lakukan oleh tenaga ahli
biasa...so janganlah takut berkarya lebih jauh tentang mesin.....
Berita terkait :
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING
Video cara pembuatan Ban
Video Cara pembuatan CAM / Noken As
Cara membuat klep mesin 4 tak
Modifikasi klep BACK CUT VALVE
VIDEO PROSES PEMBUATAN PISTON RACING
Video cara pembuatan Ban
Video Cara pembuatan CAM / Noken As
Cara membuat klep mesin 4 tak
Modifikasi klep BACK CUT VALVE
(Berbagai sumber)
semoga bermanfaat
TERIMA KASIH
Read more: http://infobalapliarjakarta.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-klep-mesin-4-tak.html#ixzz2IeuDEYly
0 komentar:
Posting Komentar