Rabu, 23 Januari 2013


Seting Karbu Ninja 250R… Pake aja manometer bikinan sendiri



ga bisa beli seperti ini??? Bikin saja sendiri...
Mungkin sebagian mekanik yang terbiasa dengan motor bermesin tunggal bakalan kewalah bahkan kagok jika disuruh nyeting nyeting motor sport bermesin Twin macam jagoannya Kawasaki “Ninja 250R”. Masalahnya bukan dikarenak mekaniknya ga tau mesin, tapi mekaniknya mengalami kesusasahan ketika nyeting dua buah karbu’nya ninja 250R. Tidak seperti nyeting karburator motor bermesin tunggal yang tinggal langsung putar-putar skrup setelan angin atau langsam, akan tetapi dikarenakan Ninja bermesin multi silinder membutuhkan kepresisian yang seimbang antara karbunya. Karbu kiri dan kanan mesti sama kevacumannya, semisalnya Ninja 250R STD memiliki panjang leher senalpot yang berbeda antara kiri dan kanan tentu membutuhkan setelan angin yang berbeda.
Naaah untuk nyetingnya itu dibutuhkan yang namanya Manometer, dengan Manometer mekanik tidak lagi takut setingan antara karbu kiri dan kanan tidak sesuai setingannya. Akan tetapi tidak semua mekanik mampu membeli alat ini ataupun tidak tau dimana mesti belinya. Ga perli risau begitu… Manometer bisa dibuat sendiri kok… tapi tidak seakurat yang persi pabrikan dengan displai digitalnya. Manometer sederhana ini terbuat dari dua buah botol kecil dan dua buah selang transparan panjang masing-masing sekitar 1-2 meteran, lem silicon dan satu lagi selang transparan dengan panjang kira-kira 15 cm. Buatnya ga susah-susah kok,

  • Dua botol diikat menjadi satu dengan kabelties, lalu lubangi dua buah disisi tutupnya dengan diameter lubang harus pas dengan diameter slang…. ingat diisi air dulu botolnya kira-kira setengah dari botol itu
  • koneksikan botol satu dengan yang kedua dengan selang yang panjangnya 15cm tadi, ingat masing-masing ujung selang harus menyentuh dasar botol.

    ini lubang sambungan manometernya di manifold
  • Berikutnya masukkan selang-selang yang panjangnya 1-2 meter tadi kemasing-msing lubang botol, ingat masukkan selang hanya sedikit saja atau sebatas leher botol. Dan yang terakhir lem di dekat lubang-lubang tadi dengan lem silicon, ingat jangan sampai ada celah yang memungkinkan bocor.
Sekarang tinggal tempelkan stiker putih ditengah-tengah kedua botol tadi, isikan sekalanya berupa garis-garis. Cara penerapannya sendiri tinggal masukkan ujung-ujung selang tadi ke masing-masing nipel di manifold motor. Lihat Video diatas untuk lebih jelasnya gimana cara penerapan ini dalam melakukan setingan. Selamat mencoba dan semoga ninja braders semakin kencang dijalanan.


 biar lebih jelas liat yg ini ya....

http://www.youtube.com/watch?v=2PiQBr20kM8&feature=player_embedded
 
semoga bermanfaat...


0 komentar:

Poskan Komentar